Aplikasi Transfer File
Foto : getty images

5 Aplikasi Transfer File Dari Android Ke PC Atau Sebaliknya

Ada 5 aplikasi Android yang memungkinkan Anda mentransfer file dari Android ke PC dan metode lain yang mungkin Anda perlukan.

Ada beberapa cara untuk memindahkan file dari Android ke PC. Berikut adalah beberapa aplikasi terbaik dan cara alternatif untuk melakukannya!

Orang harus mentransfer file dari perangkat seluler atau pc ke desktop mereka berkali-kali setiap hari. Seringkali berupa gambar, terkadang nada, dan terkadang semacam dokumen atau presentasi. Ada beberapa cara untuk menyinkronkan data dari perangkat Android ke PC dan sebaliknya. Kita akan melihat berbagai metode di sini.

Disebutkan secara khusus juga harus masuk ke Syncthing-Fork. Ini sedikit lebih ramah pengguna daripada ramah pengguna tradisional, tetapi masih berkinerja baik dalam pengujian kami.

5 Aplikasi Transfer File Dari Android Ke PC Atau Sebaliknya

AirDroid and Pushbullet

AirDroid adalah aplikasi yang sangat populer untuk mentransfer file dari Android ke PC. Bahkan, dapat melakukan hal-hal ekstra, seperti mentransfer pesan teks/MMS, melihat notifikasi ponsel Anda, menemukan ponsel Anda yang hilang, atau mengontrol kamera. Hal ini juga memungkinkan Anda untuk mentransfer file dari telepon Anda ke PC Anda.

Anda akan mempelajari dasar-dasarnya dalam versi gratis, tetapi Anda harus mendaftar ke program lengkap untuk mendapatkan opsi tambahan. PushBullet bekerja dengan cara yang sama ketika datang ke aplikasi seluler untuk mentransfer file dari PC ke telepon Anda, bahkan jika itu memerlukan beberapa langkah tambahan. Anda dapat memanfaatkan salah satu dari pilihan ini. Yang lainnya adalah layanan yang lebih populer.

Baca Juga:   3 Cara Membuat Aplikasi Android Online dan Tanpa Coding

Cloud Storage

Cloud Storage adalah opsi yang bagus jika Anda ingin mentransfer file dari Android ke PC dan kembali. Ada sejumlah layanan yang dapat dipilih, termasuk Dropbox, Google Drive, OneDrive, Box.com, dan lainnya. Mentransfer file sangat mudah.

Anda mengunggah file ke satu aplikasi seluler dan kemudian mengunduhnya di aplikasi lain. Sebagian besar aplikasi penyimpanan cloud memiliki aplikasi terpisah sendiri, membuat proses ini lebih mudah. Daftar aplikasi cloud kami dapat ditemukan di beranda kami.

Feem v4

Feem hanya melakukan satu hal dengan sangat benar: Ini menyalin file dari perangkat jaringan. Itu termasuk semua jenis smartphone, tablet, komputer, mouse dan keyboard, serta segala jenis perangkat penyimpanan portabel lainnya. Setiap perangkat mengunduh Feem dan menjalankan program. Dari sana, file dapat dipindahkan dari gadget ke gadget dalam jaringan yang sama.

WiFi tidak perlu terhubung ke web yang sebenarnya. Hanya jaringan lokal yang diperlukan. Ini berfungsi dengan baik, tidak mahal, Desain Material terlihat bagus, dan ShareIt adalah aplikasi lain untuk tujuan ini.

Resilio Sync

Resilio Sync (sebelumnya BitTorrent Sync) adalah semacam wildcard. Ini dapat digunakan untuk mentransfer file bolak-balik antara desktop atau laptop Anda dan server cloud, seperti penyimpanan cloud. Ini harus berjalan dengan baik di mesin Mac, Linux, dan Windows juga. Ini adalah salah satu solusi paling aman. Info Anda tidak pernah dihosting di server cloud.

Hanya ponsel dan komputer Anda yang berbicara satu sama lain, dan aplikasi ini sepenuhnya gratis untuk penggunaan terbatas. Jika Anda ingin menggunakannya sepenuhnya, Anda dapat membayar mahal untuk unduhan ini. Meskipun ada beberapa metode yang mudah untuk dikuasai jika Anda memilih program ini.

Baca Juga:   5 Aplikasi Jodoh Paling Populer Di Indonesia

Xender

Xender adalah salah satu aplikasi paling populer dalam kategori ini. Ini memungkinkan Anda menyinkronkan ponsel cerdas Anda ke perangkat lain dan mentransfer tanpa perlu menggunakan kabel apa pun. Ia bekerja dengan perangkat Android, telepon iOS, PC, Mac, dan bahkan item Tizen. Aplikasi ini berfungsi dengan baik dalam pengujian kami hampir sepanjang waktu, dan itu sangat berfungsi.

Namun demikian, ini adalah salah satu program yang berfungsi sempurna atau dapat digunakan dengan cara apa pun. Ini memiliki beberapa fungsi lain, seperti dapat mengubah video menjadi audio, dan Anda bahkan dapat menggunakannya untuk mengunduh video dari Facebook, Whatsapp, dan Instagram.

Cara mentransfer file selain Menggunakan Aplikasi

Ada sejumlah cara berbeda untuk mentransfer file dari satu PC dan perangkat Android.

  • Gunakan Bluetooth jika Anda memiliki modul Bluetooth atau dongle Bluetooth di komputer untuk desktop atau laptop, Anda dapat memasangkan komputer dengan laptop menggunakan Bluetooth dan mengirim file dengan cara itu. Kecepatan transfer melalui Bluetooth sangat lambat, jadi pilih opsi ini untuk hal-hal kecil.
  • USB On The Go – Kabel USB OTG memungkinkan Anda menghubungkan perangkat Anda ke perangkat USB seperti hard drive eksternal atau flash drive dengan kabel yang terpasang. Anda dapat menggunakan kabel untuk mengimpor dokumen dari flash drive atau hard drive eksternal ke komputer Anda dan sebaliknya.
  • Email – Anda dapat menggunakan fungsi ini dengan file seperti gambar atau dokumen. Jika Anda ingin mengirim file yang lebih besar, kami sarankan untuk mengirim email yang berisi file tersebut. Akun email dengan perlengkapan terbaik memiliki batas lampiran maksimum sekitar 25 MB.
  • Menggunakan Media Chatting – Mengirim file menggunakan alat seperti Discord, Slack, atau Skype akan mempermudah bekerja dengannya. Anda dapat menggunakan program sinkronisasi file seperti Skype atau Slack untuk bertukar file antar perangkat. Namun, Anda memerlukan program yang dirancang untuk file yang lebih besar seperti foto, dokumen, atau klip video.
  • Menggunakan Kabel Data – Ini adalah proses sederhana untuk dilakukan yang dapat diikuti oleh siapa saja. Cukup colokkan telepon Anda ke komputer yang terkait dengan pengisi daya Anda menggunakan kabel USB yang disertakan dengan telepon Anda. Ini adalah cara paling mudah untuk mentransfer file ke komputer dari smartphone.
  • MicroSD – Perangkat yang menggunakan kartu microSD memungkinkan transfer file drag-and-drop seperti flash drive eksternal. Masuk ke program pengelola file Anda, pilih di mana Anda ingin menyimpan file, keluarkan dari ponsel Anda (tentu saja setelah mematikannya dengan kuat), dan kemudian ke komputer Anda atau laptop lain, sambungkan adaptor.
  • Fungsi Berbagi Terdekat Android beroperasi dengan prinsip yang hampir sama dengan Apple AirDrop, tetapi untuk Android. Anda dapat dengan cepat berbagi file yang relatif besar dengan perangkat kecil tepat di sebelah Anda. Proses ini hanya berfungsi dari Android ke Android, tetapi ini adalah metode yang efektif untuk memindahkan file.
Baca Juga:   7 Aplikasi Musik Gratis Tanpa Kuota Internet

Leave a Reply

Your email address will not be published.