Lupa Kata Sandi Google Gmail
Foto : getty images

5 Cara Mengatasi Lupa Sandi Gmail Google

Jika Anda lupa kata sandi Google Gmail Anda, ada beberapa cara untuk memulihkannya. Metode ini termasuk mengubah kata sandi Anda, memulihkan kata sandi yang hilang atau terlupakan, atau bahkan meminta kode verifikasi. Setel ulang layanan kata sandi Google Gmail tersedia di seluruh dunia dan mudah diakses kapan saja sepanjang hari.

5 Cara Mengatasi Lupa Sandi Gmail Google

Setel Ulang Kata Sandi Google Gmail

Jika Anda tidak dapat masuk ke akun Gmail Anda, Anda dapat mengatur ulang kata sandi Anda. Untuk melakukan ini, Anda harus terlebih dahulu masuk ke Gmail dan mengeklik tautan di layar masuk yang bertuliskan, “Lupa kata sandi Anda?” Layar berikutnya akan meminta Anda untuk memberikan alamat email atau nomor telepon pemulihan, dan akan meminta Anda untuk memasukkan kata sandi baru. Setelah Anda memasukkan kata sandi baru, Anda akan melihat pesan yang mengatakan, “Akun Anda telah disetel ulang.”

Anda harus memiliki akun email alternatif dan pertanyaan rahasia. Ini akan memungkinkan Anda untuk mengatur ulang kata sandi dan mengakses akun Anda jika terjadi pengaturan ulang kata sandi. Ingatlah untuk memasukkan detail ini di bagian Keamanan halaman akun Google Anda.

Mendapatkan kode verifikasi

Jika Anda belum menerima kode verifikasi, ada beberapa kemungkinan alasannya. Kemungkinan besar, Anda mengalami gangguan layanan di Gmail. Namun, ada cara untuk mendapatkan kode dari Google tanpa melalui pemadaman. Anda dapat meminta kode secara online atau melalui pesan teks.

Baca Juga:   5 Cara Memeriksa Nomor Seri iPhone Anda

Jika ponsel Anda tidak dipasangkan dengan aplikasi pesan teks, Anda masih dapat menerima kode verifikasi melalui email. Untuk melakukannya, ikuti petunjuk ini. Pertama, masuk ke akun Google Anda. Kemudian, cari foto profil Anda di kanan atas halaman Gmail Anda. Selanjutnya, ketuk “Masuk” dan kemudian “Akun Saya”.

Memulihkan kata sandi yang hilang atau terlupakan

Jika Anda tidak dapat masuk ke akun Gmail, Anda dapat memulihkannya dengan mudah menggunakan alat pemulihan Google. Untuk melakukannya, buka halaman masuk Google dan klik tombol Butuh bantuan? link, terletak tepat di bawah bidang login. Anda kemudian akan diminta untuk memasukkan alamat email, nomor telepon, dan kata sandi terakhir Anda. Jika Anda lupa kata sandi, coba jawab pertanyaan keamanan menggunakan variasi yang berbeda.

Menggunakan alat pemulihan kata sandi Google itu mudah, dan situs web memandu Anda melalui prosesnya. Setelah Anda menyelesaikan proses pemulihan, Anda akan diarahkan ke halaman “Coba cara lain untuk masuk”. Di sini, Anda akan melihat opsi untuk memasukkan kata sandi atau mendapatkan kode verifikasi. Tak satu pun dari opsi ini akan bekerja untuk Anda jika Anda telah memasukkan kata sandi dan tidak dapat mengingatnya kembali.

Mengubah kata sandi Anda

Jika Anda terus-menerus diminta untuk mengubah sandi Google, Anda mungkin memiliki perangkat lunak perusak di komputer. Anda dapat menyingkirkannya dengan menjalankan perangkat lunak antivirus atau program penghapus malware. Cara lain untuk mengubah kata sandi Google Anda adalah dengan menambahkan otentikasi dua faktor. Anda dapat melakukan ini dengan mengakses bagian keamanan akun Google Anda.

Setelah Anda mengkonfirmasi identitas Anda, Anda harus memilih kata sandi baru. Ini dilakukan dengan masuk ke halaman keamanan akun Gmail dan mengklik opsi “Ubah kata sandi”. Namun, jika Anda memiliki akun Gmail bisnis, opsi ini mungkin tidak tersedia untuk Anda. Jika Anda memiliki email cadangan dan/atau nomor telepon, Anda dapat menggunakannya untuk mengatur ulang kata sandi Anda.

Baca Juga:   Cara Mengirimkan Aplikasi Lewat Whatsapp

Mendapatkan kata sandi baru

Jika Anda lupa kata sandi Gmail Anda, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mendapatkan yang baru. Langkah pertama adalah pergi ke pengaturan keamanan di Gmail. Pastikan kata sandi Anda terdiri dari delapan karakter dan memiliki huruf, angka, dan simbol. Selanjutnya, klik “Coba metode lain” dan pilih “Verifikasi teks.” Anda dapat memiliki kode yang dikirim ke nomor ponsel Anda yang terdaftar atau menerima email dari Google. Opsi verifikasi yang Anda pilih bergantung pada informasi yang Anda berikan kepada Google saat membuat akun.

Jika Anda memiliki email pemulihan, Anda cukup memasukkan alamat email tersebut dan mengetikkan kode yang dikirimkan kepada Anda. Jika Anda tidak memiliki email pemulihan, Anda akan diminta untuk memasukkan alamat email dan nomor telepon Anda. Anda kemudian akan diminta untuk mengetikkan kata sandi baru Anda, jadi pastikan Anda memiliki kata sandi yang benar di dua bidang yang disediakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.