Babinsa Koramil 417-02/Gnr, Laksanakan Patroli Cegah Karhutla

0
35

CAKRAWALANEWS.COM. – Menggiatkan Patroli Cegah Karhutla ke wilayah hutan mau pun pelosok di Desa Lempur Mudik Kec. Gunung Raya Kab. Kerinci yang ada di wilayah binaan Babinsa. Hal itu, dilakukan untuk mengantisipasi dan pencegahan bila ada karhutla supaya tidak meluas. Sabtu (1/2/2020)

Babinsa Koramil 417-02/Gunung Raya Serda Mashuri memimpin langsung bersama Masyarakat setempat Dalam patroli Karhutla yang semua semua titik dianggap rawan dan akan terus dicek secara berkala untuk memastikan tidak ada lagi aktivitas warga yang sengaja membakar lahan. Dengan cara ini, tentu bisa mengingatkan masyarakat hal seperti itu sangat membahayakan.

Tiga aturan yang melarang warga untuk melakukan pembakaran lahan, yakni:

UU Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan, Pasal 78 ayat 3 berisi, pelaku pembakaran hutan dikenakan sanksi kurungan 15 tahun dan denda maksimal Rp 5 miliar, ayat 4 berbunyi, pelaku pembakaran hutan dikenakan sanksi kurungan 5 tahun dengan denda maksimal sebesar Rp 1,5 miliar.

Berikut Pasal 8 ayat 1 menyebutkan, seseorang yang sengaja membuka lahan dengan cara dibakar, dikenakan sanksi kurungan 10 tahun dan denda maksimal Rp 10 miliar. UU Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan hidup.

Dan Pasal 108 berisi, seseorang yang sengaja membuka lahan dengan cara dibakar dikenakan sanksi minimal 3 tahun dan maksimal 10 tahun serta denda maksimal Rp 10 miliar.

“Cegah Karhutla ini bentuk keseriusasn Babinsa dalam mengatasi kebakaran hutan dan lahan. Bukan sekedar giat patroli saja, tapi lebih kepada pemeberitahuan ke masyatakat tidak ada warga yang membuka lahan dengan cara dibakar, di wilayah Desa Lempur Mudik Kec. Gunung Raya Kab. Kerinci. “Saat ini wliayah binaan Koramil 417-02/Gnr, situasi cukup aman dan kondusif tidak ditemukan titik api. Babinsa mengharapkan wilayah binaannya aman dari kebakaran hutan dan lahan. Sehingga warga lancar untuk beraktivitas di kebun atau landang milik mereka,”ujar Babinsa. (Uief)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here