CAKRAWALANEWS.COM. – Danau Gunung Tujuh adalah danau yang indah dan unik yang terletak di Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi. Danau ini sangat jernih dan bersih. Pasalnya, danau berada di puncak Gunung Tujuh dan menjadi salah satu danau kaldera tertinggi di Asia Tenggara dengan luas sekira 960 hektar, panjang 4,5 km, serta lebar 3 km. Ketinggian danau tersebut berada sekira 1,950 meter di atas permukaan laut.

Danau Gunung Tujuh adalah danau vulkanik nan menawan yang tercipta karena proses letusan gunung api yaitu Gunung Tujuh di Kabupaten Kerinci. Letusan gunung tersebut menyebabkan terbentuknya sebuah kawah besar yang kemudian terisi oleh air hujan sehingga membentuk sebuah danau.

Dibalik keberadaan dan keindahan danau ini, ternyata ada cerita rakyat yang melegenda di lingkungan masyarakat setempat. Masyarakat meyakini Danau Gunung Tujuh merupakan tempat berdiamnya kekuatan supranatural dari dua mahluk halus yang menjaganya yaitu Lbei Sakti dan Saleh Sri Menanti dengan pengikutnya yang berwujud harimau. Penuturan lain menceritakan bahwa danau ini dihuni sepasang naga. Naga jantan menghuni danau dan naga betina menghuni hulu sungainya.

Misteri lain yang diyakini warga kerap terjadi di danau ini adalah perubahan cuaca secara tiba-tiba hingga menghilangnya dedaunan yang jatuh dari pohon sekitar danau.

Sejumlah keanehan inilah yang kemudian membuat warga menyebut danau ini dengan sebutan Danau Para Dewa. (Uief)