Dandim 0417/Kerinci Hadiri Apel Gabungan Siaga Bencana Kab. Kerinci Tahun 2020

0
32

CAKRAWALANEWS.COM. – Komandan Kodim 0417/Kerinci Letnan Kolonel Czi Pitriadi, ST. menghadiri kegiatan apel gabungan Siaga Bencana Kabupaten Kerinci Tahun 2020

Dalam rangka mengantisipasi bencana alam dampak negatif musim hujan tahun 2020 di wilayah Kabupaten Kerinci bertempat di lapangan bola kaki pasar senen Kec. Siulak Jumat (17/01/2020).

Apel siaga gabungan antisipasi bencana alam tingkat Kabupaten Kerinci ini diikuti ratusan personel dari jajaran Kodim 0417/Kerinci, Polres Kerinci, Pol PP, Damkar, Dinas Kesehatan, BPBD, Basarnas, Damkar, Senkom, PMI,
Comunitas Offroad, Dinas Sosial dan Pramuka.

Pada kegiatan Apel gabungan antisipasi bencana alam ini dihadiri oleh Bupati Kerinci, Wakil Bupati Kerinci, Dandim 0417/Kerinci, Kapolres Kerinci, Ketua DPRD, Kadis Parbudpora,
Kepala OPD Kab. Kerinci,
Camat sekabupaten Kerinci,
Kades sekabupaten Kerinci.

Dalam sambutannya, Bupati Kerinci DR. H.Adirozal, M.Si.
mengatakan, bahwa di wilayah Kab. Kerinci memiliki berbagai macam potensi bencana yang diakibatkan oleh faktor alam maupun non alam yang harus kita antisipasi bersama. “Dalam menghadapi musim penghujan saat ini kita perlu mewaspadai segala macam dampak yang mungkin timbul dari perubahan cuaca, seperti banjir, tanah longsor, akibat angin puting beliung dan penyebaran penyakit yang muncul”, terang Bupati.

Bencana banjir dan longsor merupakan bencana Hidrometeorologi, yang bersifat berangsur dan tidak dapat di prediksi kejadiannya, sehingga peringatan dini dan pengaktifan kembali peralatan Early Warning terhadap longsor dan banjir serta melakukan sosialisasi kepada masyarakat di daerah rawan merupakan bagian terpenting dalam tugas pada keadaan siaga darurat, yang membutuhkan koordinasi yang lebih intensif.

Lebih lanjut, Bupati berharap Setelah apel siaga darurat bencana banjir dan longsor ini, seluruh pemangku kepentingan di negeri ini kami instruksikan agar meningkatkan koordinasi dan komunikasi yang telah terbangun baik selama ini, bekerja dengan saling bahu membahu.

Selesai pelaksanaan kegiatan apel kesiap siagaan bencana alam dilanjutkan pemeriksaan kesiapan sarana dan prasarana dalam penanggulangan bencana alam. (Uief)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here