DANDIM HADIRI PEMBUKAAN LATGAB PENYELAMATAN, EVAKUASI DAN PENANGANAN PENGUNGSI

0
17

CAKRAWALANEWS.COM. – Dandim 0417/Kerinci Letkol Fitriadi, ST menghadiri latihan gabungan penyelamatan, evakuasi dan penanganan pengungsi antara BPBD Provinsi Jambi dengan BPBD Kab/Kota dalam Provinsi Jambi yang di buka langsung oleh Gubernur Jambi DR. Drs. H. Fachrori Umar, M. Hum bertempat di lapangan PTPN VI Kayu Aro Kec. Kayu Aro. (27/02/2020)

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Gubernur Jambi DR. Drs. H. Fachrori Umar, M. Hum, Bupati Kerinci DR. H. Adi Rozal, M.Si, Wakil Bupati Kerinci Ir. H. Ami Taher, Dandim 0417/Kerinci, Kapolres Kerinci, Ketua Pengadilan Kab. Kerinci, Ketua Kajari Kab. Kerinci, Kepala OPD Provinsi Jambi, Sekda Kab. Kerinci, Ketua DPRD Kab. Kerinci dan Kepala OPD se Kab. Kerinci.

Pengembangan kapasitas sumber daya manusia dalam penanganan darurat bencana, merupakan salah satu program fasilitasi latihan dan dan simulasi kepada Aparat Pemerintah, Masyarakat dan Dunia Usaha dalam penanganan darurat bencana, yang dilaksanakan oleh BPBD Provinsi Jambi. Sesuai dengan amanat Undang Undang No 24 tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana, dimana setiap warga negara berhak memperoleh pelatihan tentang kebencanaan. Demikian disampaikan Kepala BPBD Provinsi Jambi.

Kepala BPBD Provinsi Jambi juga mengharapkan dengan adanya pelatihan ini ada dan tumbuh pilar-pilar yang peduli untuk bersama sama dalam rangka penanggulangan bencana serta terciptanya kesamaan.

Gubernur Jambi Fachrori Umar selain membuka acara,
juga menyampaikan mengenai karakteristik ancaman bencana di Provinsi Jambi khususnya kabupaten Kerinci. Dalam amanatnya Gubernur Jambi menyampaikan bahwa Kabupaten
Kerinci merupakan daerah yang rawan bencana, terutama tanah longsor, puting beliung serta banjir. Mengingat beragamnya bencana yang mengancam kehidupan masyarakat di Provinsi Jambi, maka perlu adanya kesiapan Aparat Pemerintah, TNI, POLRI, Masyarakat serta Dunia Usaha dalam penanggulangan bencana. Sehingga diharapkan Pemerintah akan selalu siap dan tanggap apabila ada bencana dan
pemerintah tidak sering absen dan ketinggalan informasi jika terjadi bencana.

Dandim 0417/Kerinci mengatakan, berdasarkan UU No. 34 Tahun 2004 tentang TNI pasal 7 menyatakan bahwa tugas pokok TNI adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan NKRI serta melindungi segenap bangsa Indonesia dari berbagai ancaman. Sebagai satuan komando kewilayahan di Provinsi Jambi Khususnya Kab. Kerinci dan Kota Sungai Penuh, Kodim 0417/Kerinci memiliki tugas untuk membantu pemerintah melaksanakan operasi bantuan kemanusiaan melalui pola operasi militer selain perang menyangkut penanganan bencana alam pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan kepada masyarakat yang mengalami musibah.

“Selanjutnya saya sampaikan bahwa sasaran yang harus dicapai dari kegiatan latihan penanggulangan bencana alam ini adalah terwujudnya konsep strategis penanggulangan bencana alam dengan membangun pola kerjasama terpadu yang efektif dan efisien antara TNI, Polri, pemerintah daerah dan masyarakat yang didasarkan pada partisipasi dukungan dan prakarsa masyarakat serta instansi terkait,” jelas Dandim.

Saya tekankan pada seluruh prajurit agar senantiasa memiliki kesiapsiagaan dan mampu mendeteksi secara dini, segala kemungkinan terjadinya bencana alam sehingga setiap kita siap untuk melaksanakan operasi bantuan penanggulangan bencana alam dan penanganan pengungsi bantuan kemanusiaan pasca bencana secara maksimal,” ungkapnya. (Uief)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here