CAKRAWALANEWS.COM. – Danramil 417-04/STL mewakili Dandim 0417/Kerinci dalam peresmian Kantor operasional Layanan Terpadu Satu Atap Pekerja Migran Indonesia (LPSA-PMI) yang bertempat di Kec. Kumun Debai Kab. Kerinci. (14/02/2020)

Dalam upaya meningkatkan pelayanan dan perlindungan bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI), pemerintah kembali meresmikan Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA) di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi.

“Pembangunan LTSA di Kab. Kerinci dapat mempercepat peningkatan kualitas pelayanan PMI,” kata Bupati Kerinci Ir. H. Ami Taher yang mewakili Bupati Kerinci, saat menghadiri peresmian LTSA di Kab. Kerinci.

Tidak hanya itu, Kepala Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jambi melanjutkan, keberadaan LTSA di Kabupaten Kerinci sangat penting. Ini karena Kab. Kerinci merupakan kabupaten pengirim pekerja migran terbanyak di wilayah Provinsi Jambi.

Pemerintah pun berharap dengan keberadaan LTSA tersebut, bisa mencegah masyarakat Kab. Kerinci menjadi korban perdagangan manusia.

“Melalui LTSA, masyarakat akan dibimbing sesuai dengan prosedur yang benar jika ingin bekerja ke luar negeri, sehingga mereka tidak menjadi korban,” ujarnya.

Lebih lanjut, Kepala Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jambi menjelaskan bahwa tujuan LTSA adalah untuk mewujudkan efektivitas penyelenggaraan pelayanan penempatan dan pelindungan pekerja migran.

Menurutnya, adanya LTSA di Kab. Kerinci akan memberikan kepastian kepada pekerja migran untuk memperoleh pelayanan yang mudah, murah dan solutif.

“Dahulu sulit, mahal dan tanpa kepastian, sehingga celah itu dimanfaatkan calo. Akibatnya banyak pekerja migran lebih baik ilegal, sehingga berdampak adanya persoalan. Sekarang ada perubahan yang tadinya sulit, mahal, lama menjadi mudah, murah dan ada kepastian, ” ujarnya.

Mereka bisa pula mengurus dokumen yang dibutuhkan, seperti paspor, dokumen kependudukan, asuransi BPJS. Para pekerja Migran pun dapat memanfaatkan desk Pelayanan Pengaduan Permasalahan Pekerja Migran Indonesia bila mengalami masalah.

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Kerinci, Dandim 0417/Kerinci diwakili Danramil 417-06/SPN, Waka Polres Kerinci diwakili Wakapolres Kerinci, Kepala Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jambi, ketua pengadilan Sungai Penuh dan tamu undangan 50 orang. (Uief)